30.4.10

Cuka Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan

Cuka merupakan bahan yang hampir ada di setiap rumah atau dapur. Cuka terbuat dari beberapa perasan, seperti perasan tebu, anggur, maupum apel. Bisa juga terbuat dari gandum, jagung, dan barley (semacam gandum yang dibuat untuk membuat bir).

Cuka Apel dianggap sebagai jenis cuka paling baik, karena mengandung banyak manfaat yang berguna bagi kecantikan. Cuka ini digunakan dalam bentuk larutan pencuci rambut untuk membersihkan ketombe, dan untuk mendapatkan rambut kemilau mempesona. Disamping dapat mencegah penumpukan lemak pada rambut secara berlebihan. Oleh karena itu, ia sangat cocok bagi orang yang memiliki rambut berminyak. Sebagaimana cuka juga masuk ke dalam deretan bahan pembuat krim pemelihara kulit, yang berfungsi sebagai nutrisi bagi kulit.

Disebutkan pula bahwa diantara manfaat kosmetik yang terbuat dari cuka ini adalah untuk mencegah pembengkakan pembuluh darah sehingga tampak (varises), khususnya di daerah kaki.

Berikut ini tips bagi wanita yang mengalami varises dibagian betisnya, untuk membantu menghilangkannya sehingga tidak mengganggu penampilan. Caranya, balurkan cuka apel pada bagian yang terkena varises sekali di pagi hari dan sekali di sore hari. Dan untuk membantu penyembuhan ini, masukan kira-kira dua sendok kecil cuka apel ke dalam segelas air dan di minum pada pagi dan sore hari. Lakukanlah terapi itu selama tiga minggu.

Cuka apel inilah yang banyak dipergunakan di negara-negara barat. Sekarang cuka apel mudah ditemukan dipasaran, tetapi tidak salahnya jika Anda ingin membuatnya sendiri dirumah Anda. Berikut cara-cara membuat cuka apel dirumah Anda :

1 . Cucilah buah apel dan kemudian keringkan.

2. Kemudian potong-potong tanpa dikupas atau dibuang bijinya. Dengan potongan sedang, lalu simpan disebuah wadah (gunakan wadah dari tembikar atau kaca, dan tidak dianjurkan menggunakan wadah aluminium, karena aluminium dapat memberikan reaksi terhadap cuka).

3. Tutuplah wadah tersebut dengan kain yang dapat menyerap seperti kain katun.

4. Wadah yang sudah diisi potongan apel tadi diletakan di tempat yang terlindung selama beberapa minggu sehingga proses reaksi sempurna karena tindakan bakteri yang ada diudara.

5. Setelah proses itu berakhir dengan sempurna, maka cairan apel sudah berubah menjadi cuka yang bisa dikenal melalui baunya yang tajam dan rasanya keras menyengat.

6. Kemudian cairan itu disaring dari sejumlah kotoran dengan kain tadi untuk kemudian disimpan diwadah kaca atau botol.
Reaksi:

Tubuh kita terdiri dari apa yang kita makan, jika yang kita makan, makanan yang baik, maka akan baiklah tubuh kita, dan jika makanan yang kita makan makanan yang tidak baik maka akan tidak baik pula tubuh kita

Definition List